Expression : Asking and Giving Advice


Asking for advice
What do you think I should do?
What do you recommend we do about ... ?
What should I do?
What do you suggest?
What would you advice us to do?
What do you advise me to do?
If you were me what would you do?
What ought I to do?
Do you think that I should…?
Do you have any suggestions?
What would you do about ...?
Giving advice
If I were you I would/wouldn’t….
If I were in your shoes/position I would…
You had better/ you’d better…..
You should…
Maybe you should…
Your only option is to….
Why don’t you….
Have you thought about….
Have you tried…
I would recommend that you ...
My advice would be to ...
May I suggest that we ...
If I were you, I would ...
Accepting advice
Yes, I agree with that.
That sounds like a good idea!
I don't think that's a good idea.
OK, why don't we do that.
That's very interesting. 
Rejecting advice 
I'm sorry, i can't agree with that.
I don't think we should do that.
That's very interesting, but ...
I don't know what to advise, I'm afraid.
I wish I could suggest something, but I can't.
I wish I could help.
I'm afraid I can't really help you.

Example
Student: I'm terrible at English and I think I should do something about it. What do you advise me to do?
Teacher: I think you should try this website www.iTapuih.com. It's a fantastic website for beginners.  
Student: I've heard about it, but what do you think I should start with?
Teacher: You'd better start with the lessons. Then, try the exercises. There are many English material on the website and also some exercises.
Student: I would like to improve my speaking. What should I do?
Teacher: You should watch English channels and listen English musics.
Student: Thank you sir.
Teacher: Don’t mention it.

Translate
Siswa: Saya takut pelajaran bahasa Inggris dan saya pikir saya harus melakukan sesuatu tentang hal itu. Apa kamu punya saran apa yang harus saya lakukan?
Guru: Saya pikir kamu harus mencoba situs ini www.iTapuih.com. Ini adalah situs yang fantastis untuk pemula .
Siswa: Aku pernah mendengar tentang hal itu, tapi apa hal pertama yang harus saya lakukan?
Guru: Kamu sebaiknya memulai dengan lessons. Selanjutnya, cobalah latihan soal-soal. Ada banyak materi bahasa Inggris di website itu dan juga beberapa latihan.
Siswa: Saya ingin meningkatkan kemampuan berbicara saya. Apa yang harus saya lakukan?
Guru: Anda harus menonton saluran bahasa Inggris dan mendengarkan musik bahasa Inggris.
Siswa: Terima kasih Pak.
Guru: Jangan sungkan-sungkan.


untuk lebih jelasnya dalam penggunaan ekespresi ini, dapat dipahami dalam bentuk berikut :

1. I think you should… (base verb + object)
Pertama-tama, kita dapat memberi nasihat atau masukan kepada seseorang dengan mengatakan “I think you should…” yang berarti “Aku rasa kamu harus/seharusnya…”.
Ini adalah bentuk nasihat yang mendasar dan netral untuk seseorang, dan tidak bersifat memaksa.
Contoh:
  • I think you should consider asking for a pay rise
    (Aku rasa kamu harus mempertimbangkan untuk meminta kenaikan gaji)
  • I think you should drink more water
    (Aku rasa kamu harus minum lebih banyak air)
2. Why don’t you…(base verb + object)?
Yang kedua, kita bisa memberi nasihat kepada seseorang dengan mengatakan “Why don’t you..?” (Mengapa kamu tidak…?) untuk bentuk saran yang lebih halus. Tidak ada paksaan dalam bentuk kalimat ini, dan lawan bicara memiliki hak penuh untuk mempertimbangkan.
Contoh:
  • Why don’t you tell her what you’ve been having in mind?
    (Kenapa kamu tidak memberitahu dia apa yang kamu pikirkan?)
  • Why don’t you wear the coat you just bought?
    (Kenapa tidak kamu pakai saja mantel yang baru kamu beli?)
3. Have you thought about…(gerund)?
Selanjutnya, untuk memberikan saran yang lebih halus lagi, kita dapat mengungkapkannya dengan “Have you thought about…?” (Pernahkah kamu berpikiran untuk …?). Dengan frasa ini, kita jauh dari kesan menggurui.
Contoh:
  • Have you thought about applying for a scholarship?
    (Pernahkah kamu berpikiran untuk mendaftar beasiswa?)
  • Have you thought about seeing a doctor?
    (Pernahkah kamu berpikiran untuk menemui dokter?)

4. I don’t know if …(gerund/noun) is a good idea
Nasihat yang kita berikan bisa juga bersifat negatif; dalam artian, masukan yang kita berikan bertentangan dengan apa yang tengah dipikirkan oleh lawan bicara kita. Hal ini sah-sah saja, dan kita bisa menyampaikannya dengan halus lewat ungkapan “I don’t know if … is a good idea” (Aku tidak tahu apakah itu adalah ide yang baik).
Contoh:
  • I don’t know if the loan is a good idea
    (Aku tidak tahu apakah pinjaman itu adalah ide yang baik)
  • I don’t know if renting a car is a good idea
    (Aku tidak tahu apakah pinjaman itu adalah ide yang baik)
5. Maybe you should try… (noun/gerund)
Apabila kita ingin menekankan suatu saran atau nasihat secara halus, kita bisa coba dengan mengatakan “Maybe you should try…” (Mungkin kamu bisa coba…)
Contoh:
  • Maybe you should try the diet
    (Mungkin kamu bisa coba diet itu)
  • Maybe you should try updating you computer
    (Mungkin kamu bisa coba memperbaharui komputermu)
6. I wouldn’t … (base verb + object)
Kita juga bisa menggunakan frasa ini untuk menyampaikan nasihat yang bertentangan dengan apa yang sedang dipikirkan lawan bicara dalam bentuk pengandaian.
Contoh:
  • I wouldn’t buy a new phone if my old one could work still
    (Aku tidak akan membeli ponsel baru jika punyaku yang lama masih bisa bekerja)
  • I wouldn’t walk to work if I were feeling unwell
    (Aku tidak akan jalan kaki menuju tempat kerja jika sedang merasa kurang sehat)

7. If I were you, I would … (base verb + object)
Untuk versi yang positif dari nomor sebelumnya, kita bisa menggunakan frasa ini.
Contoh:
  • If I were you, I would wait for him
    (Kalau jadi kamu, aku akan menungguinya)
  • If I were you, I would let my parents know
    (Kalau jadi kamu, aku akan memberi tahu orangtuaku)
8. My advice is to … (base verb + object)
Untuk memberikan saran atau nasihat secara lebih gamblang, frase ini dapat mewakilkannya.
Contoh:
  • My advice is to stop demanding too much from him
    (Saranku adalah berhenti menuntut terlalu banyak darinya)
  • My advice is to call the police
    (Saranku adalah menghubungi pihak kepolisian)
9. Have you tried …? (gerund)
Cara lain untuk memberi saran secara halus seperti halnya mengatakan “Have you thought about…?” adalah lewat frasa “Have you tried…?” (Sudahkah kamu mencoba…?).
Contoh:
  • Have you tried sending them an email?
    (Sudahkah kamu coba mengirim mereka email?)
  • Have you tried visiting their website?
    (Sudahkah kamu coba mengunjungi website mereka?)
10. You ought to … (base verb + object)
Selain itu, kita juga bisa menasihati seseorang dengan sedikit lebih terang-terangan, kita bisa memulai dengan mengatakan “You ought to…” (Kamu harus/seharusnya…).
Contoh:
  • You ought to tell your parents
    (Kamu seharusnya memberi tahu orangtuamu)
  • You ought to do more exercise
    (Kamu harus lebih banyak berolahraga)
11. I’d recommend … (gerund/noun/that + suggestions)
Untuk memberikan nasihat berupa rekomendasi, kita bisa menggunakan frasa ini.
Contoh:
  • I’d recommend taking a part-time job
    (Aku menyarankan bekerja paruh waktu)
  • I’d recommend that you buy the black one
    (Aku menyarankan kamu membeli yang warna hitam)
12. I’d suggest … (gerund/noun/that + suggestions)
Masih dengan konotasi yang sama, kita bisa mengatakan “I’d suggest…” untuk berbagi saran dengan orang lain.
Contoh:
  • I’d suggest seeing him at his office
    (Aku menyarankan untuk menemuinya di kantornya)
  • I’d suggest that you bring the keys with you
    (Aku menyarankan kamu membawa kunci-kuncinya)

0 Komentar